Jual rubber fender di Rubber Bumper Tipe Samarinda, Kalimantan Timur-Balikpapan, Kalimantan Timur-Bontang, Kalimantan Timur
Rubber fender / karet fender dermaga / marine fender - Rubber Bumper Tipe Samarinda, Kalimantan Timur-Balikpapan, Kalimantan Timur-Bontang, Kalimantan Timur adalah suatu produk yang terbuat dari karet dan terutama digunaFungsi utama dari sistem rubber fender ialah dapat difungsikan agar mencegah kapal dan bagian konstruksi bangunan dermaga dari kerusakan yang terjadi saat proses berlabuhnya kapal dan sewaktu kapal bersandar didermaga atau pelabuhan.
Gaya eksternal yang
terjadi, anatara lain yaitu abrasi dan faktor alam yang tak terduga, sangat
mungkin terjadi saat kapal merapat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal
pada kapal dan struktur dermaga jika tidak ada sistem yang menjadi penengah.
Karena dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki kapal dan struktur
dermaga, diciptakanlah sebuah alat pelindung dari karet (rubber fender) ini
yang dipasang pada sisi dermaga yang disebut fender atau marine fender.Fender
dirancang untuk menyerap energi yang timbul akibat dari tambrakan kapal di
dermaga (energy absoption) sehingga hanya sedikit saja energy yang diterima
oleh dermaga saat kapal berlabuh, rubber fender ini memiliki Gaya pantul dari
energi yang diserap ini dikeluarkan kembali dari fender dan disebut reaction
force. Oleh karena itu, jumlah energi yang diserap and gaya reaksi yang
diberikan menjadi kriteria utama yang dipertimbangkan dalam merancang fender.
Karet fender dermaga / rubber fender / marine fender
mempunyai kwalitas dan kharakteristik material bahan berikut :
-Sangat elastis dan mudah dikompres / ditekan - dengan
demikian meningkatkan kecepatan absorpsi shock.
-Memiliki daya serap energi yang tinggi.
-Fungsi fender adalah menyerap energi kinetik dari kapal saat kapal menabrak
pada dinding dermaga ketika berlabuh.
-Semakin banyak energi kinetik yang
diserap maka semakin bagus dan efisien fender tersebut. Tahan cuaca.
Rubber fender telah banyak digunakan sejak dahulu kala, dan
tersedia dalam berbagai bentuk, spesifikasi, dan kegunaan yang berbeda-beda.
Dan saat ini telah banyak dikembangkan jenis-jenis rubber fender baru seperti
jenis pneumatic dan yang lainnya. Rubber fender yang lama mungkin perlu diganti
dengan yang baru supaya fungsinya bisa kembali maksimal. Beragam jenis rubber
fender dapat disuplai ke seluruh pelabuhan Indonesia yang pemakaiannya dapat
disesuaikan dengan kebutuhan atau letak dan kondisi cuaca atau perairan yang
ada, termasuk kebutuhan rubber fender pada dermaga tempat berlabuhnya kapal
pribadi yang kecil sekalipun.
Rubber fender yang diproduksi memiliki jangka waktu / umur
pemakaian yang lama dan bebas dari masalah tanpa penurunan kinerja dan
karakteristik. Rubber fender kami unggul dalam keandalan dan keamanan dan
disukai di seluruh Indonesia. Untuk beberapa ukuran desain tertentu kami juga
siap untuk memproduksinya dengan harga seekonomis mungkin namun tetap harus
sesuai dengan spesifikasi dan standart persyaratan operasional ketika di
gunakan.
Rubber fender dibuat dari berbagai jenis kompon karet sesuai
dengan persyaratan yang dibutuhkan dari kondisi dan lokasi. Senyawa kompon bisa
terbuat dari karet alam maupun karet sintetis yang memiliki ketahanan atau kelebihan
yang berbeda-beda seperti Neoprene, SBR, EPDM, Butyl dan Polyurethane yang
memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar ultra violet, ozon, air laut
dan kondisi cuaca yang ekstrim panas dan dingin di berbagai lokasi di
Indonesia. Rubber fender juga diproduksi dengan alat-alat produksi yang tepat
dan mendapatkan pengawasan mutu yang maksimal, sehingga produk rubber fender
yang dihasilkan aman terhadap kesalahan atau mutu produk yang buruk. Fungsi utama dari sistem fender karet adalah
untuk mencegah kapal dan dermaga dari kerusakan yang timbul selama proses
merapatnya kapal dan sewaktu kapal bersandar. Gaya eksternal yang terjadi
seperti abrasi dan faktor alam lainnya, sangat mungkin terjadi saat kapal
merapat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kapal dan struktur
dermaga jika tidak ada sistem yang menjadi penengah. Karena dibutuhkan biaya
yang cukup besar untuk memperbaiki kapal dan struktur dermaga, diciptakanlah
bantalan karet yang dipasang pada sisi dermaga yang disebut fender atau marine
fender.Fender dirancang untuk menyerap energi yang dihempaskan dari kapal atau
energy absoption sehingga hanya sedikit saja energi yang diterima oleh dermaga. Gaya pantul dari
energi yang telah diserap ini dikeluarkan kembali dari fender dan disebut
reaction force.
Oleh karena itu, jumlah energi yang diserap and gaya reaksi
yang diberikan menjadi kriteria utama yang dipertimbangkan dalam merancang
fender.Ada berbagai tipe fender yang biasa digunakan sebagai bantalan dermaga,
misalnya: fender cylindrical, tipe V, A, dan M, super cell, super cone, tugboat
fender, dan beberapa fender jenis lainnya.
Oleh karena itu, untuk memilih tipe fender yang tepat, ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan, di antaranya adalah jenis dan berat (dimensi) kapal yang merapat, jenis pelabuhan, keadaan lingkungan laut, dan ada tidaknya bimbingan saat kapal merapat
1. Dimensi kapal yang merapatJenis dan berat kapal atau
dimensi kapal menjadi faktor signifikan dalam memilih jenis fender karena
mempengaruhi tidak hanya jenis fender, tetapi juga besar fender yang harus
dipasang. Semakin besar kapal yang akan merapat, semakin besar pula fender yang
dibutuhkan untuk melindungi dinding dermaga. Umumnya, fender yang dilengkapi
dengan frontal frame menjadi pilihan yang tepat karena memiliki luas permukaan
kontak yang besar. Dari segi ekonomis, fender tipe V banyak dipilih. Akan
tetapi, untuk hasil yang lebih maksimal, fender super cell dan super cone
adalah pilihan yang tepat. Untuk pelabuhan yang hanya terbuka untuk kapal kecil
dan sedang, fender tipe A, V, cylindrical, M, dan LMD sudah cukup untuk
melindungi dinding dermaga.
2. Jenis pelabuhan memegang peranan yang tak kalah penting
dalam menentukan jenis fender apa yang digunakan. Berdasarkan posisi atau
lokasi dermaga, struktur dermaga yang kerap digunakan antara lain, terminal
dolphin, monopile, jetty, quay wall, dll. Untuk dermaga tipe dolphin, tempat
kapal bersandar berupa “dolphin” yang berbentuk tiang pancang. Fender tipe
super cell biasanya dipilih untuk tipe dermaga dolphin. Lain dengan jetty
terminal yang berupa dermaga apung yang umumnya digunakan untuk kapal
penumpang. Dermaga dengan sistem jetty ini tidak membutuhkan konstruksi yang
kuat karena fisiknya yang terapung. Dermaga quay wall adalah dermaga yang strukturnya
terbuat dari tembok beton yang sejajar dengan pantai. Dermaga ini tidak bisa
disandari oleh kapal besar karena lokasinya yang dekat sekali dengan bibir
pantai, sehingga dapat terbilang kedalamannya dangkal.
3. Keadaan lingkungan lautKeadaan lingkungan laut seperti
pasang surut air laut, kekuatan angin yang juga berdampak pada besar kecilnya
ombak menjadi faktor penentu berikutnya dalam pemilihan sistem fender. Jika
pasang surut air laut yang tinggi terjadi pada satu pelabuhan, maka fender yang
panjang menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar pada saat air
surut, kapal terkecil yang akan merapat ke dermaga masih bisa bersandar. Oleh
karena itu, posisi pemasangan vertikal dipilih. Sama halnya dengan keadaan laut
yang berombak yang disebabkan oleh angin kencang, air laut akan bergerak naik
dan turun. Hal ini membuat kapal bergoncang dan membentur dinding dermaga. Jika
struktur kapal tidak dilengkapi dengan pisang-pisangan, fender tipe super cell
dan supercone yang dilengkapi dengan frontal frame yang panjang dapat
digunakan. Tetapi apabila kapal yang banyak merapat adalah kapal yang
dilengkapi dengan pisang-pisangan, fender tipe V yang berukuran panjang dapat
digunakan dengan posisi vertikal.
4. Keberadaan bimbingan saat kapal merapat keberadaan
bimbingan dengan menggunakan tugboat saat kapal merapat merupakan salah satu
faktor yang krusial dalam menetukan jenis fender yang akan digunakan. Hal ini
dikarenakan kecepatan kapal dan sudut sisi kapal bisa diatur saat mendekati
dermaga.
5.dan yang terakhir jenis bahan
serta jenis fender yang akan di gunakan ketika keempat faktor sudah diketahui
,sehingga memungkinkan pemakaian jenis fender yang cocok untuk di gunakan.
Kelima faktor di atas adalah faktor yang wajib dipelajari
dalam memilih jenis karet fender dermaga yang tepat serta sesuai dengan
kebutuhan.
Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan
salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi
serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang
beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.Produk yang kami
tawarkan mulai dari rubber fender, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad,
karet lembaran, karet bumper, pelindung dock hingga expantion joint/siar muai.Semua
produk kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk
dengan material karet berkualitas serta layak uji.
Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk
memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.Account atas nama Rekening
Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan
konsumen.Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi kami :
Call & WA : 082245923265 - 087722285552
-Fajar Achmadi-