Advertisement here

Jual rubber fender di Rubber Bumper Tipe Samarinda, Kalimantan Timur-Balikpapan, Kalimantan Timur-Bontang, Kalimantan Timur

 


Rubber fender / karet fender dermaga / marine fender - Rubber Bumper Tipe Samarinda, Kalimantan Timur-Balikpapan, Kalimantan Timur-Bontang, Kalimantan Timur adalah suatu produk yang terbuat dari karet dan terutama digunaFungsi utama dari sistem rubber fender ialah dapat difungsikan agar mencegah kapal dan bagian konstruksi bangunan dermaga dari kerusakan yang terjadi saat proses berlabuhnya kapal dan sewaktu kapal bersandar didermaga atau pelabuhan.

Gaya eksternal yang terjadi, anatara lain yaitu abrasi dan faktor alam yang tak terduga, sangat mungkin terjadi saat kapal merapat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kapal dan struktur dermaga jika tidak ada sistem yang menjadi penengah. Karena dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki kapal dan struktur dermaga, diciptakanlah sebuah alat pelindung dari karet (rubber fender) ini yang dipasang pada sisi dermaga yang disebut fender atau marine fender.Fender dirancang untuk menyerap energi yang timbul akibat dari tambrakan kapal di dermaga (energy absoption) sehingga hanya sedikit saja energy yang diterima oleh dermaga saat kapal berlabuh, rubber fender ini memiliki Gaya pantul dari energi yang diserap ini dikeluarkan kembali dari fender dan disebut reaction force. Oleh karena itu, jumlah energi yang diserap and gaya reaksi yang diberikan menjadi kriteria utama yang dipertimbangkan dalam merancang fender.

Karet fender dermaga / rubber fender / marine fender mempunyai kwalitas dan kharakteristik material bahan berikut :   

-Sangat elastis dan mudah dikompres / ditekan - dengan demikian meningkatkan kecepatan absorpsi shock. 
-Memiliki daya serap energi yang tinggi.
-Fungsi fender adalah menyerap energi kinetik dari kapal saat kapal menabrak pada dinding dermaga ketika berlabuh.
 -Semakin banyak energi kinetik yang diserap maka semakin bagus dan efisien fender tersebut. Tahan cuaca.

Rubber fender telah banyak digunakan sejak dahulu kala, dan tersedia dalam berbagai bentuk, spesifikasi, dan kegunaan yang berbeda-beda. Dan saat ini telah banyak dikembangkan jenis-jenis rubber fender baru seperti jenis pneumatic dan yang lainnya. Rubber fender yang lama mungkin perlu diganti dengan yang baru supaya fungsinya bisa kembali maksimal. Beragam jenis rubber fender dapat disuplai ke seluruh pelabuhan Indonesia yang pemakaiannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau letak dan kondisi cuaca atau perairan yang ada, termasuk kebutuhan rubber fender pada dermaga tempat berlabuhnya kapal pribadi yang kecil sekalipun.

Rubber fender yang diproduksi memiliki jangka waktu / umur pemakaian yang lama dan bebas dari masalah tanpa penurunan kinerja dan karakteristik. Rubber fender kami unggul dalam keandalan dan keamanan dan disukai di seluruh Indonesia. Untuk beberapa ukuran desain tertentu kami juga siap untuk memproduksinya dengan harga seekonomis mungkin namun tetap harus sesuai dengan spesifikasi dan standart persyaratan operasional ketika di gunakan.

Rubber fender dibuat dari berbagai jenis kompon karet sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan dari kondisi dan lokasi. Senyawa kompon bisa terbuat dari karet alam maupun karet sintetis yang memiliki ketahanan atau kelebihan yang berbeda-beda seperti Neoprene, SBR, EPDM, Butyl dan Polyurethane yang memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap sinar ultra violet, ozon, air laut dan kondisi cuaca yang ekstrim panas dan dingin di berbagai lokasi di Indonesia. Rubber fender juga diproduksi dengan alat-alat produksi yang tepat dan mendapatkan pengawasan mutu yang maksimal, sehingga produk rubber fender yang dihasilkan aman terhadap kesalahan atau mutu produk yang buruk.  Fungsi utama dari sistem fender karet adalah untuk mencegah kapal dan dermaga dari kerusakan yang timbul selama proses merapatnya kapal dan sewaktu kapal bersandar. Gaya eksternal yang terjadi seperti abrasi dan faktor alam lainnya, sangat mungkin terjadi saat kapal merapat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada kapal dan struktur dermaga jika tidak ada sistem yang menjadi penengah. Karena dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaiki kapal dan struktur dermaga, diciptakanlah bantalan karet yang dipasang pada sisi dermaga yang disebut fender atau marine fender.Fender dirancang untuk menyerap energi yang dihempaskan dari kapal atau energy absoption sehingga hanya sedikit saja energi  yang diterima oleh dermaga. Gaya pantul dari energi yang telah diserap ini dikeluarkan kembali dari fender dan disebut reaction force.

Oleh karena itu, jumlah energi yang diserap and gaya reaksi yang diberikan menjadi kriteria utama yang dipertimbangkan dalam merancang fender.Ada berbagai tipe fender yang biasa digunakan sebagai bantalan dermaga, misalnya: fender cylindrical, tipe V, A, dan M, super cell, super cone, tugboat fender, dan beberapa fender jenis lainnya.

 Oleh karena itu, untuk memilih tipe fender yang tepat, ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan, di antaranya adalah jenis dan berat (dimensi) kapal yang merapat, jenis pelabuhan, keadaan lingkungan laut, dan ada tidaknya bimbingan saat kapal merapat


1. Dimensi kapal yang merapatJenis dan berat kapal atau dimensi kapal menjadi faktor signifikan dalam memilih jenis fender karena mempengaruhi tidak hanya jenis fender, tetapi juga besar fender yang harus dipasang. Semakin besar kapal yang akan merapat, semakin besar pula fender yang dibutuhkan untuk melindungi dinding dermaga. Umumnya, fender yang dilengkapi dengan frontal frame menjadi pilihan yang tepat karena memiliki luas permukaan kontak yang besar. Dari segi ekonomis, fender tipe V banyak dipilih. Akan tetapi, untuk hasil yang lebih maksimal, fender super cell dan super cone adalah pilihan yang tepat. Untuk pelabuhan yang hanya terbuka untuk kapal kecil dan sedang, fender tipe A, V, cylindrical, M, dan LMD sudah cukup untuk melindungi dinding dermaga.

2. Jenis pelabuhan memegang peranan yang tak kalah penting dalam menentukan jenis fender apa yang digunakan. Berdasarkan posisi atau lokasi dermaga, struktur dermaga yang kerap digunakan antara lain, terminal dolphin, monopile, jetty, quay wall, dll. Untuk dermaga tipe dolphin, tempat kapal bersandar berupa “dolphin” yang berbentuk tiang pancang. Fender tipe super cell biasanya dipilih untuk tipe dermaga dolphin. Lain dengan jetty terminal yang berupa dermaga apung yang umumnya digunakan untuk kapal penumpang. Dermaga dengan sistem jetty ini tidak membutuhkan konstruksi yang kuat karena fisiknya yang terapung. Dermaga quay wall adalah dermaga yang strukturnya terbuat dari tembok beton yang sejajar dengan pantai. Dermaga ini tidak bisa disandari oleh kapal besar karena lokasinya yang dekat sekali dengan bibir pantai, sehingga dapat terbilang kedalamannya dangkal.

3. Keadaan lingkungan lautKeadaan lingkungan laut seperti pasang surut air laut, kekuatan angin yang juga berdampak pada besar kecilnya ombak menjadi faktor penentu berikutnya dalam pemilihan sistem fender. Jika pasang surut air laut yang tinggi terjadi pada satu pelabuhan, maka fender yang panjang menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dimaksudkan agar pada saat air surut, kapal terkecil yang akan merapat ke dermaga masih bisa bersandar. Oleh karena itu, posisi pemasangan vertikal dipilih. Sama halnya dengan keadaan laut yang berombak yang disebabkan oleh angin kencang, air laut akan bergerak naik dan turun. Hal ini membuat kapal bergoncang dan membentur dinding dermaga. Jika struktur kapal tidak dilengkapi dengan pisang-pisangan, fender tipe super cell dan supercone yang dilengkapi dengan frontal frame yang panjang dapat digunakan. Tetapi apabila kapal yang banyak merapat adalah kapal yang dilengkapi dengan pisang-pisangan, fender tipe V yang berukuran panjang dapat digunakan dengan posisi vertikal.

4. Keberadaan bimbingan saat kapal merapat keberadaan bimbingan dengan menggunakan tugboat saat kapal merapat merupakan salah satu faktor yang krusial dalam menetukan jenis fender yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan kecepatan kapal dan sudut sisi kapal bisa diatur saat mendekati dermaga.

5.dan yang terakhir jenis bahan serta jenis fender yang akan di gunakan ketika keempat faktor sudah diketahui ,sehingga memungkinkan pemakaian jenis fender yang cocok untuk di gunakan.

Kelima faktor di atas adalah faktor yang wajib dipelajari dalam memilih jenis karet fender dermaga yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan.

Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.Produk yang kami tawarkan mulai dari rubber fender, bantalan jembatan / elastomeric bearing pad, karet lembaran, karet bumper, pelindung dock hingga expantion joint/siar muai.Semua produk kami memiliki reputasi baik yang terbukti luas dalam menghasilkan produk dengan material karet berkualitas serta layak uji.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.Informasi dan permintaan penawaran harga terbaik hubungi kami :

Call & WA : 082245923265 - 087722285552

-Fajar Achmadi-

 


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here